<

Keren, Bukateja Bangun Ikon Wisata Desa Sawah Batu

  Jumat, 13 September 2019   Dwi Ariadi
Keindahan tempat wisata "Sawah Batu" yang sedang dirintis oleh Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. (Dwi Ariadi/ayotegal.com)

BALAPULANG, AYOTEGAL.COM-- Waktu menjelang senja, rona memerah terlihat indah di ufuk barat. Pemandangan yang instagramable itu bisa Anda peroleh di area persawahan Desa Bukateja, Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.

Di sana, juga dilengkapi dengan saung-saung yang didirikan di atas pematang sawah. Keren, itulah ungkapan pertama ketika datang ke lokasi yang akan menjadi ikon wisata desa \"Sawah Batu\" tersebut.

\"Ini baru dirintis. Nanti mau diluncurkan pada 28 September 2019,\" kata Kades Supendi ketika ditemui Ayotegal di lokasi Sawah Batu, Jumat (13/9/2019).

AYO BACA : Polres Tegal Kota Gelar Salat Ghaib Doakan BJ Habibie

Dalam merintis tempat wisata desanya, Supendi yang didampingi istrinya, Feni, mengaku merencanakan tempat wisata sejak awal Agustus lalu. 

\"Dalam perintisan ini, saya selalu melibatkan warga seperti dalam bikin saung ini melibatkan semua ketua RT yang masing-masing punya satu saung. Jumlahnya ada 15 saung dan ini saya lombakan,\" ujar Supendi.

Ketika ditanya soal konsep Sawah Batu, Supendi mengemukakan, hal itu disesuaikan dengan aset dan potensi Desa Bukateja. Letak geografis berupa tanah perbukitan yang berdekatan dengan Gua Lawa , maka konsep Sawah Batu sebagai ikon cukup cocok.

AYO BACA : Terperosok di Rel, Mobil Tertabrak Kereta Api

Sementara, soal manajemen wisatanya ia menyerahkan kepada Pokdarwis dan pemuda desa. \"Rencananya buka sore sampai malam berupa pasar jajanan tradisional. Ada juga tempat untuk pertunjukan musik yang sudah kami persiapkan,\" katanya.

Sementara itu, Bahtiar Djanan dari Hidora mengungkapkan latar belakang konsep sawah batu.
\nMenurut dia, di Bukateja sawah hanya produktif di musim hujan, di musim kemarau kering dan tidak produktif.

\"Sawah banyak batunya. Yang akhirnya dipecah-pecah dan ditata menjadi pematang sawah. Secara visual terlihat unik dan menarik,\" ujarnya.

Yang tak kalah unik, ada kuliner menarik: yakni sega walang (nasi dan belalang goreng) yang menambah kekhasan wisata Sawah Batu di Bukateja.

AYO BACA : Kementan Genjot Ekspor dan Investasi Bidang Tanaman Pangan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar