Layani KIA, Disdukcapil Sasar Siswa SD di Wilayah Pinggiran

  Selasa, 08 Oktober 2019   Dwi Ariadi
Petugas Disdukcapil Kabupaten Tegal mendatangi siswa SD untuk pembuatan kartu identitas anak (KIA). (Dwi Ariadi/Ayotegal.com)

SLAWI, AYOTEGAL.COM -- Setelah vakum sejak 2017, pelayanan pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) kembali digencarkan di Kabupaten Tegal. Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) kini gencar berkeliling ke sekolah dasar (SD) di wilayah kecamatan pinggiran untuk mencetak KIA.

''Ada dua sistem yang kami gunakan, yakni online dan offline. Nah, untuk layanan offline petugas kami mendatangi sekolah SD terutama kecamatan pinggiran,'kata Kepala Disdukcapil, Supriyadi, Selasa (8/10/2019).

Pencetakan KIA, lanjut Supriyadi, untuk Tahun 2019 ditarget ada 40 ribu kartu.

 ''Hingga awal Oktober ini sudah tercapai 21.572 kartu dan dicetak langsung pada saat pelaksanaan pembikinan kartu d sekolah,'"jelasnya.

Untuk pelayanan pembikinan KIA, menurut dia, prioritaskan di wilayah pinggiran dengan pertimbangan pemerataan pelayanan dan faktor geografis.

Apalagi KIA ini sesuai dengan ketentuan diperuntukkan bagi anak usia di bawah 17 tahun. Wilayah kecamatan tersebut, Dukuhturi, Talang, Warureja, Suradadi dan Kramat.

Sementara jumlah anak yang harus mendapatkan kartu KIA di Kabupaten Tegal sebanyak 350 ribu.

 ''Karena itu sampai akhir tahun 2019 dan awal 2020 kami kebut termasuk sosialisasi pembuatan KIA lewat online,"tandasnya.(Dwi Ariadi)

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->