BI Tegal Salurkan Air Bersih pada Masyarakat Desa Kertasari

  Selasa, 08 Oktober 2019   Lilisnawati
Kepala KPw BI Tegal didampingi Sekretaris Camat Suradadi saat memberikan bantuan air secara simbolis untuk masyarakat Desa Kertasari, Selasa (8/10/2019). (Lilisnawati/Ayotegal.com)

SURADADI, AYOTEGAL.COM -- Raut bahagia terpancar di wajah masyarakat Desa Kertasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal. Pasalnya, desanya yang terdampak kemarau kurang lebih lima bulan terakhir mendapat bantuan air bersih.

Masyarakat tampak antuasias, mereka rela antre sejak pagi dengan membawa ember, bak, derigen, dan lain sebagainya.

Sumi (60) warga Desa Kertasari RT 01 RW 05 misalnya, ia mengungkapkan di RT 01 tak pernah tersentuh bantuan air bersih.

"Baru kali ini ada bantuan di RT saya. Yang jelas sangat senang dan bersyukur mbak," katanya disela-sela mengantre air bersih, Selasa (8/10/2019).

Adanya bantuan air bersih juga sangat bermanfaat untuk menghemat pengeluaran air.

Ia yang sehari-hari menjadi buruh tani di desanya itu harus mengeluarkan Rp 12.000 tiap kali membeli satu gerobak berisi empat derigen.

"Satu derigen biasanya habis tiga hari untuk kebutuhan minum dan masak," ucapnya.

Dirinya juga mengungkapkan harus terpaksa menggunakan air sumur yang berbusa dan sedikit bau untuk kebutuhan mandi, cuci dan sebagainya.

"Kemarau tahun ini lebih lama, biasanya di bulan 10 sudah ada hujan di sini," ujarnya.

Sementara Kepala KPw BI Tegal, M Taufik Amrozy, bahwa bantuan air bersih merupakan program sosial BI yang sesuai dengan visi misi BI.

"Kami menyalurkan sebanyak 1,5 juta liter air bersih kepada lima desa di dua kecamatan di Kabupaten Tegal, yaitu Kecamatan Suradadi dan Kecamatan Warureja," ujarnya.

Jumlah tersebut, kata Taufik, akan dikirim ke lima desa tersebut setiap dua hari sekali dengan dua unit mobil tangki berkapasitas 5000 liter air bersih.

"Air akan didistribusikan selama 30 kali pengiriman, pengiriman setiap dua hari sekali," ungkapnya.

Ia pun berharap apa yang pihaknya berikan bermanfaat untuk masyarakat dan sedikit membantu kebutuhan air bersih," tuturnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->