BPS akan Terapkan Sensus Penduduk Secara Online

  Selasa, 08 Oktober 2019   Lilisnawati
Audiensi BPS Kota Tegal bersama Wakil Wali Kota Tegal (Humas Pemkot Tegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tegal melakukan audiensi bersama Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi, di ruang kerja wakil wali kota, Selasa (8/10/2019).

Dihadapan wakil wali kota, BPS menyampaikan rencananya di tahun 2020 yaitu melaksanakan sensus penduduk.

Kepala BPS Kota Tegal, Kunto Dewandono mengatakan, sensus penduduk akan dilaksanakan dengan dua tahap, tahap pertama di tahun 2020 dan tahap kedua 2021.

Pihaknya pun meminta dukungan dari Pemkot Tegal terhadap pelaksanaan sensus penduduk tersebut.

Ia juga mengungkapkan bahwa partisipasi masyarakat dalam sensus penduduk sangat diperlukan, sebab sensus penduduk yang akan dilaksanakan tahun depan tersebut menggunakan sistem online dan semi online.

Dalam kesempatan yang sama Kasi Statistik Sosial, Ika Efrilia menyampaikan, sensus penduduk akan menggunakan sistem online. Masyarakat bisa mengisi sensus melalui aplikasi dengan menggunakan smart phone.

"Saat ini kita tengah masuk dalam tahap persiapan sampai akhir tahun 2019, dan Januari 2020 BPS kota Tegal akan membentuk Pokja, untuk koordinasi dan konsolidasi, dan di bulan Februari sampai Maret 2020 sensus penduduk online dilaksanakan," jelasnya.

Nantinya, kata Ika, masyarakat Kota Tegal yang belum melaksanakan sensus secara online, maka petugas BPS akan mendata dengan mendatangi secara door to door.

"Sensus di tahap I yaitu dengan mendata nama, jenis kelamin pendidikan dan karakteristik individu. Sementara tahap II sampel rumah tangga yang berisi ketenagakerjaan, kesehatan, pendidikan, tingkat kematian, tingkat kelahiran dan perumahan," tuturnya.

Ika berharap, dengan sensus penduduk yang akan dilaksanakan di tahun 2020 ini, nantinya akan mendapatkan jumlah penduduk berdasarkan status de-fakto (tempat tinggal sekarang) dan de-jure (berdasarkan E-KTP).

Menanggapi rencana tersebut, Wakil Wali Kota Tegal, M Jumadi menyampaikan bahwa Pemkot Tegal akan mendukung program BPS dalam pelaksanaan sensus penduduk di tahun 2020.

Jumadi menyampaikan, data yang nantinya akan diperoleh dalam sensus tersebut, tentunya akan dapat dimanfaatkan oleh Pemkot Tegal.

Untuk itu, dirinya mengimbau kepada masyarakat Kota Tegal untuk aktif menggunakan kesempatan sensus penduduk tersebut untuk meng-update data kependudukannya masing-masing.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar

-->