299 Rumah Tidak Layak Huni Siap Direhab

  Kamis, 07 November 2019   Lilisnawati
Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi saat memberikan selamat kepada warga masyarakat Kota Tegal yang menerima bantuan RTLH (Humas Pemkot Tegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Melalui program Penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Pemerintah Pusat, sebanyak 299 rumah tidak layak huni siap direhab.

Hal itu terungkap pada Pembukaan Rekening calon Penerima BSPS, di ruang Adipura, Balai Kota Tegal, Rabu (6/11/2019) sore.

Kepala Disperkim Eko Setyawan menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) Murni.

"Disperkim di sini hanya dimintai untuk memfasilitasi pelaksanaan BSPS, sedangkan anggaran tersebut langsung di kirim melalui Rekening di Bank Tabungan Negara (BTN) yang sudah ditunjuk langsung oleh Pemerintah Pusat kepada penerima bantuan," katanya.

Menurut Eko ada 16 Kelurahan se-Kota Tegal yang menerima bantuan tersebut diantaranya; Kelurahan Debong Tengah, Kelurahan Debong Kidul, Kelurahan Debong Kulon, Kelurahan Randugunting, Kelurahan Slerok, Kelurahan Pekauman, Kelurahan Bandung, Kelurahan Kalinyamat Wetan, Kelurahan Kalinyamat Kulon, Kelurahan Cabawan, Kelurahan Tunon, Kelurahan Sumur Panggang, Kelurahan Keturen, Kelurahan Margadana, Kelurahan dan Kelurahan Krandon.

"Jumlah tersebut diambil dari data base Disperkim RTLH yang kemudian disurvey lapangan oleh Tenaga Fasilitator Lapangan," ujarnya.

Eko menambahkan, upaya penyelesaian RTLH di Kota Tegal sudah dilakukan dengan berbagai upaya, baik yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD II dan CSR dari Bank Jateng.

Dengan program bantuan ini, Eko berharap, kedepan akan mendapatkan pembiayaan yang lebih besar lagi untuk RTLH, agar semakin banyak RTLH di Kota Tegal yang bisa tertangani.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tegal M Jumadi menyampaikan, pemerintah memberikan bantuan sebesar Rp. 15 juta untuk bahan bangunan dan Rp. 2,5 juta untuk biaya jasa tukang.

Jumadi berpesan kepada penerima bantuan, agar nanti tetap menjadikan rumahnya sebagai surga bagi keluarga dan bisa menjadi sumber inspirasi keluarga.

"Dengan rumah yang layak bisa lebih maksimal dalam mendidik anak cucunya agar tetap bisa sekolah dan mendapatkan pendidikan yang layak dan sekaligus memperoleh masa depan yang lebih baik," ujarnya.

Tak lupa, Jumadi juga berpesan kepada penerima bantuan agar bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

"Biasakan membuang sampah pada tempatnya, dan mulailah memilah sampah karena Kota Tegal akan menjadi proyek percontohan untuk pengunan, pemanfaatan sampah plastik," pungkasnya.
Attachments area

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar