<

Jelang Lebaran, Bank Indonesia Tegal Siapkan Rp2,79 Triliun Uang Baru

  Selasa, 12 Mei 2020   Lilisnawati
Kepala Kantor Perwakilan Bank Imdonesia Tegal M Taufik Amrozy saat meninjau pelayanan di perbankan, Selasa (12/5/2020). (Ayotegal.com/Lilisnawati)

TEGAL BARAT, AYOTEGAL.COM -- Menjelang Hari Raya Idulfitri 1441 H, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tegal mengungkapkan telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 2,79 triliun untuk masyarakat di eks Karesidenan Pekalongan.

Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Perwakilan BI Tegal, M Taufik Amrozy, saat meninjau pelayanan perbankan di Kota Tegal, Selasa (12/5/2020).

"Di tengah pandemi Covid-19, kami tetap memenuhi kebutuhan uang tunai menjelang lebaran. Baik tunai maupun non tunai," ujarnya.

Menurutnya, sampai dengan hari ini, jumlah uang tunai yang sudah ditukarkan sebesar Rp1,67 triliun atau sudah 59,75%.

Berbeda dengan lebaran sebelumnya. Ia mengatakan, ada penurunan sebanyak 12,8% permintaan penukaran uang tunai.

"Animo masyarakat menukarkan uang menurun. Tahun kemarin kita siapkan Rp3,2 triliun, sekarang hanya Rp2,79 triliun," terangnya.

Ia menilai, turunnya permintaan penukaran uang karena banyak masyarakat yang sudah beralih ke transaksi non tunai. Terlebih, saat adanya pandemi Covid-19.

"Masyarakat lebih memilih bertransaksi online. Kita pun senang dan akan terus mendorong masyarakat untuk terus bertransaksi menggunakan non tunai," ucapnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar