3 Pasien Covid-19 di Kabupaten Tegal Sembuh, Satu di Antaranya Balita

  Rabu, 01 Juli 2020   Dwi Ariadi
ilustrasi covid-19.(dok)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Tiga pasien positif Covid-19 di Kabupaten Tegal  dinyatakan sembuh setelah dua kali pemeriksaan swab-nya berturut-turut menunjukkan hasil negatif. 

Dua di antaranya  menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan tenaga medis Puskesmas. Informasi ini disampaikan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Tegal dr. Joko Wantoro, Rabu (1/7/2020). 

Menurut Joko, pasien sembuh tersebut antara lain seorang balita laki-laki, berinisial MFA (1,8), asal Desa Karangwuluh, Kecamatan Suradadi yang menjalani isolasi mandiri di rumah. 

Sebelumnya, MFA sempat menjalani perawatan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) di RSUD Suradadi pada Sabtu (6/6/2020) dengan gejala demam dan dugaan tuberkulosis paru. 

Penetapan statusnya sebagai PDP karena diketahui ada riwayat kontak dengan keluarganya yang baru pulang dari Jakarta sebelum lebaran. Ia dinyatakan terpapar virus korona pada Rabu (24/6/2020) lalu setelah pemeriksaan sampel swab-nya menyatakan hasilnya positif.

Pasien sembuh kedua, lanjut Joko, adalah seorang laki-laki, berinisial M (56), asal Desa Cempaka, Kecamatan Bumijawa. Sebelumnya, pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah ini sudah mengetahui jika dirinya terpapar Covid-19 setelah pemeriksaan swab dari tempatnya bekerja di Jakarta hasilnya positif. 

Sayangnya, saat itu ia tidak segera melapor ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, sehingga pihaknya harus melacak keberadaannya dan mendapati M sudah berada di rumahnya di Desa Cempaka sejak Rabu (24/6/2020). 

Dengan mempertimbangkan kondisi klinisnya yang baik, atas saran dokter penanggung jawabnya, M pun diizinkan dirawat dengan isolasi mandiri di rumahnya.

Sementara itu, pasien sembuh ketiga adalah seorang seorang perempuan, berinisial HA (39), asal Desa Pangkah, Kecamatan Pangkah. 

Pasien HA yang dirawat di RSUD dr. Soeselo Slawi tersebut merupakan kontak erat dari kasus terkonfirmasi positif, EP (39), seorang dokter spesialis asal Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna yang meninggal dunia pada Kamis (4/6/2020) lalu.

Lebih lanjut, Joko menambahkan, kesembuhan tiga orang pasien Covid-19 tersebut menambah jumlah pasien sembuh dari Covid-19 menjadi 25 orang, sementara lima orang sedang menjalani perawatan. 

“Secara akumulasi, kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tegal saat ini ada 34 orang. Rinciannya, 25 orang sembuh, lima orang sedang menjalani perawatan dan empat orang meninggal dunia,” katanya

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar