FEBI IBN Tegal Siap Jadi Pusat Konsultasi Bisnis UMKM

  Sabtu, 04 Juli 2020   Dwi Ariadi
Webinar Nasional FEBI IBN Tegal dengan tema ''Inspirasi Profesi dan Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19, Sabtu (4/7/2020).

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal siap menjadi pusat konsultasi bisnis di wilayah Tegal dan sekitarnya. 

Hal tersebut terungkap dalam Webinar Nasional dengan tema ''Inspirasi Profesi dan Peluang Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19, Sabtu (4/7/2020). 

Dalam kegiatan tersebut, hadir sebagai narasumber Habiburrahman Elshyrazy atau lebih dikenal Kang Abik novelis yang sangat tenar dengan best seller ''Ayat-ayat Cinta'', kemudian Direktur Baznas RI DR Irfan Syauqie Beik, DR Hasan Abdul Rozak, Ketua ICSB Korwil Jawa Tengah dan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Tegal, Suspriyanti.

Webinar dimoderatori oleh Gus Ghilman Nur Syarief, dosen Ekonomi Syariah IBN Tegal. Narasumber pertama, Suspriyanti menyampaikan beberapa kondisi UMKM di Kabupaten Tegal, dan apa saja yang telah dilakukan. 

"Kita sudah banyak melalukan kolaborasi dan inovasi kegiatan di tengah pandemi covid-19, dan akan terus bergerak agar UMKM di Kabupaten Tegal dapat berdaya saing," kata Suspriyanti.

Penyampaian dari Suspriyanti juga diperkuat oleh DR Hasan yang merupakan Wakil Ketua Kadin Jateng bidang UMKM yang memaparkan tentang peluang bisnis yang sedang booming dan hancur di tengah pandemi covid-19.

Untuk teknis profesi dan bagaimana pengelolaannya, disampaikan oleh Direktur BAZNAS RI, DR Irfan yang memaparkan bagaimana potensi Zakat di Indonesia yang dapat digunakan sebagai peluang bagi para UMKM.

Kemudian, tidak kalah menarik penyampaian dari Kang Abik yang menceritakan bagaimana tulisan-tulisanya menjadi best seller dan kiat sukses menjadi penulis terkenal. 

"Bahwa profesi penulis di Indonesia tidak banyak diminnati, padahal diluar negeri profesi ini dapat meraup pundi uang yang cukup besar," kata Kang Abik.

Setelah selesai acara, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Royani Anwari yang merupakan alumni Mesir dan Pakistan menyampaikan, FEBI IBN Tegal sudah dibentuk wadah konsultasi bisnis bagi pelaku UMKM dan masyarakat secara umum. 

"Silakan kami membuka ruang seluas-luasnya untuk berdiskusi dan memberi pencerahan tentang bisnis konvensional dan syariah," ungkap Royani.

Royani menyampaikan , para konsultan bisnis syariah berasal dari dosen-dosen program studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IBN Tegal. 

"Insya Allah, dosen-dosen kami sudah dibekali pengalaman mengajar bisnis syariah yang lumayan mumpuni," pungkasnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar