Dedy Yon Hukum Pesepeda Tak Pakai Masker, Lafalkan Pancasila

  Minggu, 05 Juli 2020   Lilisnawati
Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono saat memimpin melafalkan Pancasila bagi masyarakat yang tidak memakai masker, Sabtu (5/7/2020).(lilisnawati/Ayotegal)

TEGAL TIMUR AYOTEGAL.COM- Olahraga gowes atau bersepeda saat ini memang tengah digandrungi oleh masyarakat. Seperti halnya di Kota Tegal.

Hampir setiap hari Kota Tegal tak pernah sepi dari aktivitas masyarakat bersepeda. Mereka biasanya berkumpul di pusat-pusat kota, seperti Alun-alun Kota Tegal dan kawasan Balai Kota Lama.

Terlebih saat weekend tiba. Kawasan Alun-alun diserbu oleh berbagai komunitas pesepeda, dari sepeda tua, sepeda gunung dan sepeda lipat.

Seperti yang terlihat pada Sabtu (4/7/2020) malam, Alun-alun Kota Tegal diserbu oleh berbagai komunitas sepeda.

Namun sayangnya, masih banyak pesepeda yang belum menaati protokol kesehatan, seperti memakai masker.

Sanksi sosial pun diberikan kepada sejumlah pesepeda yang tidak memakai masker. Mereka yang terjaring operasi masker oleh petugas gabungan dari Satpol PP, Polres Tegal Kota, Dishub Kota Tegal dan Kodim 0712/Tegal harus melafalkan Pancasila.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono secara langsung memimpin pembacaan Pancasila. Dengan menggunakan meghaphone, Dedy Yon kemudian mendiktekan Pancasila untuk dilafalkan sebagai sanksi tidak mengenakan masker.

"Saya melihat masih banyak yang tidak pakai masker. Kita beri sanksi untuk membacakan teks Pancasila. Ini pesan moral untuk masyarakat. Meski rekreasi di malam hari, takan tetapi tetap harus menjaga protokol kesehatan," ucapnya.

Menurutnya, pihaknya bersama TNI-Polri melaksanakan operasi penegakan disiplin untuk mendukung tertibnya protokol kesehatan di kawasan Alun-alun Kota Tegal.

Tak lupa, ia juga mengingatkan agar pesepeda dan seluruh masyarakat yang datang ke Kota Tegal wajib memakai masker.

"Adek-adek walaupun olahraga pakai sepeda, tapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Wajib pakai masker, tunjukan bahwa pesepeda juga taat protokol kesehatan," ujarnya.

Selanjutnya, petugas gabungan membagikan masker secara gratis kepada pesepeda atau masyarakat yang belum menaati protokol kesehatan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar