<

Rumah Penipuan Arisan di Cianjur Diserang Ratusan Korban

  Jumat, 31 Juli 2020   Dwi Ariadi
Rumah Penipuan Arisan di Cianjur Diserang Ratusan Korban. (Muhammad Ikhsan)

CIANJUR, AYOTEGAL.COM- Warga dihebohkan dengan beredar video ratusan warga diduga korban penipuan arisan beromset miliaran rupiah menyerang rumah pelaku di Kampung Limbangan, Desa Limbangansari, Kecamatan Cianjur, Jawa Barat, Jumat (31/7/2020) sore.

Informasi yang dihimpun Ayobandung.com, mereka merupakan korban diduga penipuan dengan modus arisan yang dikelola CV Hoki Abadi dengan penanggungjawab AN mulai dari arisan umrah, motor, sapi, domba, sampai perlengkapan rumah dan peralatan elektronik. 

“Saya bersama korban lainnya sudah kesal dengan kelakuannya yang memberikan janji paket motor, hewan korban, umroh dan keperluan rumah tangga,” ujar Hendra Ardiansyah (30) salah seorang korban penipuan yang berada di lokasi saat penyerangan pada wartawan.
 
Hendra mengaku sudah mengeluarkan Rp 500 juta, karena awalnya begitu meyakinkan akan menerima paket yang nilainya lebih dari uang yang diinvestasikan. “Saya sudah menyerahkan uang totalnya sekitar 500 juta rupiah,” tuturnya.

Hendra mengatakan, ia sebagai reseler paket dan mempunyai 100 anggota, kebanyakan yang mendaftar untuk paket umrah, hewan kurban, dan peralatan rumah tangga.

"Dua tahun ke belakang lancar, ada yang berangkat umrah, ada yang dapat motor N Max, dan ada yang dapat hewan kurban," katanya.
 
Ternyata korban bukan hanya warga Cianjur, Setiawan (35) warga Sukaraja Kabupaten Sukabumi sebagai penanggungjawab memiliki reseller sekitar 100 orang. Setiap reseller memiliki anggota lagi sebanyak 200 orang.

"Saya ikut arisan kambing 8, lalu ikut arisan televisi, ikut arisan handphone, dan ikut arisan dispenser," kata Setiawan di rumah penanggungjawab AN yang ia kunjungi karena penasaran barang dan hewan kurban tak kunjung datang.

Setiawan mencontohkan, siapa yang tak tergiur dengan iming-iming bayar Rp 15 ribu per bulan bisa dapat satu ekor domba dalam setahun. Lalu bayar Rp 500 ribu per bulan bisa dapat motor N Max dalam setahun.
 
"Saya yakin nominalnya kalau dihimpun semua ini akan menjadi angka yang fantastis, pasalnya selain menyasar warga biasa, banyak juga pekerja pabrik yang ikut, bisa dibayangkan mencapai miliaran rupiah," tandasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar