Disebut Masuk Zona Merah, Ini Reaksi Satgas Covid-19 Kota Tegal

  Jumat, 16 Oktober 2020   Lilisnawati
Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kota Tegal, Muhamad Jumadi. (Ayotegal.com/Lilisnawati)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM -- Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyebut Kota Tegal merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang masuk dalam zona merah penyebaran virus korona.

Status zona merah didapat dari data hasil analisis mingguan Satgas Covid-19 dari 5-11 Oktober 2020.

Menanggapi itu, Wakil Ketua Satgas Covid-19, Muhamad Jumadi mengatakan, status zona merah untuk Kota Tegal bisa saja karena angka positif Covid-19 terus meningkat.

"Ya bisa saja masuk zona merah. Itu kan diupdate tiap minggu. Bisa jadi sekarang merah, besok mungkin oranye. Mungkin saja. Tapi, perhari ini jika dilihat parameternya Kota Tegal sudah masuk oranye," ungkapnya, Jumat (16/10/2020).

Terkait peningkatan kasus, pihaknya telah menyiapkan langkah untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona di Kota Tegal yakni dengan aktif melakukan screening dan tracing.

Pihaknya juga tengah mengawasi secara intens masyarakat Kota Tegal yang tengah melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sebab, kebanyakan masyarakat enggan melakukan isolasi mandiri di Gor Tegal Selatan.

"Yang tengah dipikirkan adalah pasien positif yang isolasi mandiri. Mereka kebanyakan tidak mau dikarantina di Gor Tegal Selatan. Lokasi isolasi mandiri yang sudah kita siapkan," ucapnya.

Jumadi juga menyadari, masyarakat lebih enjoy berada di rumah masing-masing jika dibanding dengan di Gor Tegal Selatan.

Meski demikian, pihaknya juga akan sedikit memaksa apabila muncul klaster keluarga yang didapat dari pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Kalau isolasi mandiri yang dilakukan keluarga tersebut ternyata menimbulkan klaster baru, maka kita akan sedikit memaksa mereka untuk isolasi di Gor Tegal Selatan. Bukan untuk apa, itu semata-mata agar tidak menularkan kepada yang lain," tandasnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar