Sukses Panen Semangka, Bupati Tegal Apresiasi 'Petani Muda Berdaya' KNPI

  Senin, 09 November 2020   Dwi Ariadi
Kegiatan Panen Raya Semangka berbagai varietas dihadiri Bupati Tegal Umi Azizah di Desa Kabunan, Kecamatan Dukuhwaru, Senin (9/11/2020)..(dok)

DUKUHWARU, AYOTEGAL.COM - Program ''Petani Muda Berdaya'' hasil kolaborasi antara DPD KNPI Kabupaten Tegal, Yayasan Petani Muda Agro Tegal Mandiri dan PT HKTI Kabupaten Tegal mulai menampakkan hasil.

Penanaman semangka yang dirintis dengan melibatkan peran para pemuda Kabupaten Tegal sudah masuk masa panen. Kegiatan Panen Raya Semangka berbagai varietas dihadiri Bupati Tegal Umi Azizah di Desa Kabunan, Kecamatan Dukuhwaru, Senin (9/11/2020).

Dalam kesempatan itu, Bupati Umi Azizah mengapresiasi baik atas program dan kegiatan ini. ''KNPI sebagai organisasi wadah yang menghimpun organisasi pemuda mampu membuat program dibanyak sektor termasuk Pertanian,''katanya. 

Apalagi, lanjut Bupati, sektor pertanian merupakan andalan  Kabupaten Tegal. Selain itu, dia mendukung hasil panen semangka diserap oleh Dinas Sosial Kabupaten Tegal untuk disalurkan pada program yang ada di Dinas Sosial.

Sementara itu, Ketua KNPI Kabupaten Tegal M Ersal Aburizal mengatakan, program ini diawali dengan pertemuan Pengurus KNPI Kabupaten Tegal dan PT HKTI Jawa Tengah.

''Setelah itu KNPI membantu untuk adanya pembentukan PT HKTI di Kabupaten Tegal. Berlanjut Dengan mengajak juga komunitas Agro Tegal Mandiri untuk membuat Pilot Project di lahan sawah 5.000 m2 dengan lokasi di Kabunan, Dukuhwaru,''jelasnya.

Terkait dengan pilihan tanam semangka, menurut Ersal, semangka hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 bulan dari menanam sampai dengan panen, dan juga ditinjau Dari karakteristik tanah dan musimnya.

Dikatakan, dengan publikasi kegiatan dan pemasaran melalui digital, banyak calon pemilik lahan dan pendana yang tertarik ntuk bekerja sama di program ini salah satunya, Bahrodin Ketua Yayasan IBN dan juga dulu pernah menjadi Ketua KNPI kabupaten Tegal.

Ersal menegaskan, program ini selanjutnya akan diduplikasi di semua kecamatan. 

''Selain utk menumbuhkan petani muda/ wirausaha yang lebih banyak, dengan kolaborasi dan dukungan banyak pihak , harapanya program ini juga bisa membantu percepatan pemulihan ekonomi daerah di tengah situasi yang tidak mudah ini,''tandasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar