IDI Kota Tegal Imbau Masyarakat Waspadai Gejala Baru Covid-19

  Jumat, 20 November 2020   Lilisnawati
Ketua IDI Kota Tegal, dr Said Baraba, Sp.PD (Lilisnawati/Ayotegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Tegal menyebut, ada dua gejala baru penularan Covid-19 yang perlu diwaspadai. Gejala tersebut berupa hilangnya indra penciuman dan indra perasa.

Jika biasanya, orang yang terkonfirmasi positif memiliki gejala demam, batuk dan sesak nafas. Namun, baru-baru ini, IDI menyebutkan bahwa pasien Covid-19 di Kota Tegal banyak juga yang dimulai dengan gejala kehilangan indra penciuman dan indra perasa.

Ketua IDI Kota Tegal, dr Said Baraba, Sp.PD mengatakan, mereka yang terkonfirmasi positif Covid-19 juga banyak yang mengalami gejala kehilangan indra penciuman atau anosmia. 

"Jadi hidung sama sekali tidak bisa mencium bau apapun," ungkapnya baru-baru ini.

Selain itu, ada pula yang memiliki gejala hilangnya indra perasa. Pasien yang terkonfirmasi positif, tidak bisa merasakan rasa makanan.

"Mudah untuk mengeceknya. Misalnya dengan memberikan minyak kayu putih atau parfum. Orang yang indra perasanya hilang juga, makanan apapun akan terasa hambar," katanya.

Menurutnya, orang yang memiliki dua gejala tersebut, 80% kemungkinannya positif. 

Untuk itu, ia mengimbau agar masyarakat yang memiliki gejala tersebut untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. Hal itu guna mencegah penularan virus korona kepada yang lain. 

"Orang dengan gejala anosmia memang tidak begitu menderita. Tapi ingat, dia bisa menularkan kepada orang lain dalam satu rumah. Itu sebabnya jangan sampai masyarakat menyepelekannya. Jadi apabila punya gejala tersebut, segera periksakan diri ke rumah sakit atau puskesmas terdekat," jelasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar