Tarik Minat Baca lewat Perpustakaan Digital, Ini Layanan Arpus Kabupaten Tegal

  Rabu, 25 November 2020   Dwi Ariadi
Talkshow Bincang Kreatif di Studio Radio Slawi FM ,Kabupaten Tegal.(dok)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Guna memudahkan akses informasi bagi masyarakat, Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Tegal melakukan inovasi berupa perpustakaan digital.

Hal ini dilakukan dalam upaya menumbuhkan minat baca masyarakat agar tumbuh lebih baik dan semakin gemar dengan membaca.di tengah Pandemi Covid-19.

''Dengan adanya perpustakaan digital masyarakat tidak perlu  datang langsung. Cukup dengan cara mengunduh aplikasi i-pusdakab Tegal di Playstore yang ada di smartphone android,''kata Kepala Dinas Arpus, Abdul Apipudin dalam acara Talkshow  Bincang Kreatif  di  Studio  Radio  Slawi  FM  dan  kanal   Youtube   pemkab   Tegal, Selasa (24/11/2020)

Menurut Abdul Apipudin, kebijakan e-digital perpustakaan daerah tidak dipungut biaya alias gratis, dan masyarakat bisa mengakses layanan di manapun berada selama 24 Jam. 

Apipudin berharap, masyarakat dapat memanfaatkan dengan sebaik mungkin layanan perpustakaan digital. ''Kalau ada usulan  dan saran guna peningkatan layanan tidak perlu sungkan untuk menyampaikan ke Dinas Arpus Kabupaten Tegal,''katanya.

Sementara itu,  Wakil  Direktur  Utama  Kubuku Arie Kustanto mengatakan aplikasi i-pusdakab Tegal merupakan aplikasi perpustakaan digital yang menyediakan 2.500 judul buku dari berbagai macam Kategori yang dimanfaatkan oleh semua unsur masyarakat baik mahasiswa, ibu rumah tangga maupun  anak-anak.

Dikatakan, aplikasi tersebut juga dilengkapi mesin pencarian cepat  buku yang tersedia  dalam perpustakaan. Dengan mengunduh Aplikasi i-perpudakab Tegal masyarakat dimudahkan dalam mengakses informasi buku bacaan guna meningkatkan wawasan dan pengetahuanya. 
 
Adapun M. Wifaqul Azmi dari pengelolan Taman Baca Masyarakat Kabupaten Tegal menyampaikan Taman Bacaan Masyarakat sedikit terkendala dengan adanya wabah pandemi ini. 

Jumlah pembaca berkurang, terlebih dengan penerapan jaga jarak antar pengunjung. Namun pihaknya tetap berupaya untuk terus meliterasi masyarakat segala lapisan dan kalangan agar gemar membaca buku

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar