Laris Manis, Omzet Jual Ikan Hias di Tegal Bisa Capai Rp 3 Juta per Hari

  Sabtu, 28 November 2020   Lilisnawati
Seorang pembeli ikan hias di Toko Ikan Hias Jaya Aquarium, Sabtu (28/11/2020).(Lilisnawati/Ayotegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Di tengah masa pandemi Covid-19 sekarang ini justru penjualan ikan hias di Kota Tegal malah naik. Boleh jadi, banyak masyarakat yang memelihara ikan hias sebagai hobi baru. 

Tak pelak, toko ikan hias di Kota Tegal ramai diburu pembeli. Seperti yang diakui penjual ikan hias di Jalan Tentara Pelajar, Kota Tegal, Sukarsa (45). 

Toko Ikan Hias Jaya Aquariumnya itu selalu ramai pembeli tiap harinya, utamanya selama ada pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah adanya pandemi bisa dikatakan penjualan meningkat. Dulu sebelum ada pandemi, ikan hias laku tapi ngga seramai sekarang. Tapi ini semua jenis ikan laku, termasuk aquarium dan lainnya," ungkapnya, Sabtu (28/11/2020).

Menurutnya, jenis ikan yang paling banyak dicari yakni, ikan guppy, neon dan ikan cupang.

"Yang lagi rame ikan-ikan kecil, kaya ikan guppy, neon, dan cupang. Kalau ikan goppy, harga dari Rp2.500 sampai Rp10.000, untuk ikan neon Rp2.500 dan untuk ikan cupang dari harga Rp10.000-Rp400.000 per ekor," bebernya.

Ia menilai, ramainya pembeli ikan hias di masa pandemi karena masyarakat mulai jenuh dan membutuhkan sebuah hiburan untuk mengisi waktu luang.

"Nah mungkin orang-orang pada butuh hiburan karena sudah bosen di rumah terus," katanya.

Ia mengatakan, dalam sehari, pendapatan dari berjualan ikan hias, aquarium dan peralatan lainnya bisa mencapai Rp3 juta. Sedangkan sebelum ada pandemi hanya sekira Rp2 juta.

Hal serupa juga dialami oleh penjual ikan hias lainnya yakni Toko Ikan Hias Lancar Akuarium.

Seorang karyawan toko, Malik (18) mengatakan, ikan hias yang banyak dicari yakni jenis ikan yang berukuran kecil, seperti guppy, neon dan cupang. 

"Ikan-ikan kecil yang lagi laris. Cupang juga lagi rame. Harganya mulai Rp10.000 sampai Rp400.000 yang paling mahal, jenisnya cupang giant. Biasanya buat kontes," katanya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar