Sukses, Pensiunan Batubara Jadi Peternak Ikan Cupang

  Senin, 30 November 2020   Lilisnawati
Yudya W Eko Putro tengah sibuk merawat ikan-ikan cupangnya, Senin (30/11/2020).(Lilisnawati/Ayotegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Adanya pandemi Covid-19 memang memberikan dampak yang luar biasa terhadap sektor ekonomi di Tanah Air.

Sejumlah pengusaha mengalami kerugian hingga harus melakukan pengurangan karyawan bahkan menutup usahanya.

Meski demikian, adanya pandemi Covid-19 tampaknya tak mempengaruhi bisnis ikan hias di Kota Tegal. Mereka justru laris manis di masa pandemi.

Seperti halnya yang dialami peternak ikan cupang di Tegal, Jawa Tengah. Omzet puluhan juga bisa didapat dari hasil budidaya ikan cupang tiap bulannya.

Adalah Yudya W Eko Putro (52) warga Mejasem, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Ia merupakan seorang pensiunan pertambangan batu bara yang kini sukses menjadi peternak ikan cupang.

Bagaimana tidak, alih-alih bangkrut karena dihantam pandemi, bisnis yang baru digelutinya itu justru membuahkan hasil yang bagus.

Dalam sebulan, ia bisa mendapatkan puluhan juta rupiah dari budidaya ikan cupang.

"Istilahnya saya melangkah ke cupang di waktu yang tepat. Agustus 2019 mulai budidaya, Maret 2020 sudah bisa dijual. Sempat pesimis karena ada pandemi, tapi syukurnya pasar lagi bagus. Sebulan ada 300 ekor cupang yang dikirim ke berbagai daerah di Jawa dan luar Jawa," katanya, Senin (30/11/2020).

Yudya sendiri membudidaya ikan cupang jenis giant yang dibanderol dengan harga mulai Rp300.000 sampai Rp600.000 per ekor.

"Kebanyakan saya melayani penjualan kelas partai. Tiap 10 ekor saya banderol Rp1,5 juta. Yang penting ikan cepat keluar. Ya tinggal dikalikan saja. Kurang lebih Rp45 juta sebulan," ungkapnya.

Ia mengaku, mulai menggeluti bisnis budidaya ikan cupang sejak Agustus 2019.

"Awalnya ada yang cerita soal harga ikan cupang sampai Rp100.000. Padahal biasanya, ikan cupang dihargai Rp5.000 per ekornya. Dari situlah saya mulai tertarik bisnis ikan cupang dengan cara membudidaya sendiri," katanya.

Benar saja, harga ikan cupang ada yang mencapai puluhan juta rupiah per ekornya.

"Saat ini, ikan cupang menjadi peluang bisnis yang bagus dan menjanjikan. Harganya yang lagi bagus juga karena banyak orang yang mendadak jadi pecinta cupang. Bahkan harganya ada yang sampai jutaan, yang dikoleksi oleh beberapa artis," ucapnya.

Dengan modal enam pasang cupang indukan seharga Rp7 juta, kini sudah ada sekira 5.000 ekor ikan cupang jenis giant yang dibudidaya di rumah orangtuanya di Jalan Perintis Kemerdekaan Gang 14 A No 27, Kota Tegal.

"Ada sekira 5.000 ekor. Dari umur tujuh hari sampai ada yang siap jual atau empat setengah bulan," katanya.

Ia yang juga seorang sarjana perikanan mengaku tidak memiliki kesulitan dalam membudidaya ikan cupang. Hanya saja, persoalan pakan yang kadang sulit didapat.

"Ngga ada kendala sih. Paling pakannya yang kadang susah. Budidayanya juga ngga ribet, yang penting pola makan dan ganti air rutin saja. Tingkat kematian cupang juga rendah," jelasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar