Cokekan, Kiat Seniman FK-Metra Tegal Nguri-uri Budaya di Tengah Pandemi

  Senin, 30 November 2020   Dwi Ariadi
Pementasan seni tradisi oleh seniman yang tergabung dalam FK Metra Kabupaten Tegal.(dok)

SLAWI, AYOTEGAL.COM - Penerapan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penularan Covid-19 terus digalakkan oleh berbagai lapisan masyarakat di Kabupaten Tegal. 

Tak terkecuali seniman yang tergabung dalam Forum Komunikasi Media Tradisional (FK-Metra). Tidak hanya saat pentas saja, namun saat latihan pun mereka tetap mematuhi aturan prokes.

Seperti yang terlihat saat latihan bergilir pada Sabtu-Minggu (28-29/11/2020) malam lalu. Kali pertama latihan digelar di Desa Randusari, Kecamatan Pagerbarang dan hari berikutnya di Tarub. 

Guna mencegah timbulnya kerumunan, menurut Ketua FK-Metra Kabupaten Tegal, M Sholeh Yusuf, dalam latihan seniman sepakat menggunakan model cokekan. ''Intinya personel yang ikut latihan dibatasi tidak seperti ketika pertunjukan pada umumnya sebelum ada Covid-19,''ujarnya.

Menurut Abi Sholeh, demikian panggilan akrabnya, kelompok seniman yang latihan dibatasi sekitar 9 orang dari grup karawatin yang sesungguhnya berjumlah 27 orang. 

''Di masa pandemi seperti sekarang ini kita tetap berupaya nguri-uri budaya dengan berkreasi secara optimal namun tetap menerapkan protokol kesehatan,''tandasnya. 

Disebutkan, dari jumlah pertunjukan seni karawitan yang semula berjumlah 27 orang dengan rincian 21 penabuh, 1 sinden dan 5 panjak dibatasi 9 orang. Komposisinya 7 penabuh, 1 sinden dan 1 dagelan. 

Selain pembatasan jumlah personel, lanjut Abi Sholeh, ketika latihan yang sekaligus juga memberi hiburan kepada warga di pedesaan, pihaknya juga melakukan siaran secara live streaming di media sosial. 

''Jadi masyarakat juga bisa menyaksikan secara langsung lewat media online. Hal inilah yang tentu saja merupakan langkah konkret bagaimana seniman itu tetap produktif berkarya di masa pandemi Covid-19.'' 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar