PPKM Jawa-Bali, Satpol PP Kota Tegal Siapkan Sanksi Penutupan Tempat Usaha yang Bandel

  Rabu, 13 Januari 2021   Lilisnawati
Operasi gabungan di salah satu tempat hiburan di Kota Tegal (dok. Satpol PP Kota Tegal)

TEGAL TIMUR, AYOTEGAL.COM- Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Tegal, Hartoto menegaskan, pihaknya siap memberikan sanksi tegas kepada tempat usaha di Kota Tegal yang bandel. Sanksi tersebut berupa penutupan usaha selama tiga hari. 

Pasalnya, Pemerintah Kota Tegal telah mengeluarkan kebijakan terkait penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, Senin (11/1/2021).

Satu di antaranya kebijakan di bidang pariwisata, seperti pembatasan jumlah pengunjung di tempat wisata, restoran, cafe, spa dan karaoke.

Kemudian, pembatasan jam operasional tempat wisata, usaha dan hiburan.

Kebijakan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Wali Kota Tegal Nomor 443/001 tentang Petunjuk Teknis Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendaian Covid-19 pada Bidang Pariwisata.

Ia menjelaskan, berdasarkan SE tersebut, tamu atau pengunjung restoran, rumah makan dan kafe hanya diperbolehkan maksimal 25% dari kapasitas normal. Sedangkan untuk jam operasionalnya, maksimal sampai dengan pukul 19.00 WIB.

Sementara untuk tempat hiburan, seperti karaoke dibatasi 50% dari kapasitas normal dan wajib tutup pada pukul 21.00 WIB.

"Sejak dikeluarkannya SE tersebut, Satpol PP bersama TNI-Polri rutin melakukan operasi gabungan, sehari dua kali," katanya, Rabu (13/1/2021).

Menurutnya, dari operasi yang sudah berjalan dua hari ini, masih ditemukan tempat usaha yang belum mematuhi kebijakan pemerintah.

"Secara umum sudah patuh. Hanya ada beberapa yang kita tegur, alasannya karena mereka belum terima SE dari dinas terkait. Kalau sudah kita imbau tapi masih bandel, kita beri sanksi tutup tiga hari," ujarnya.

Untuk itu, ia mengimbau agar tempat usaha di Kota Tegal, seperti karaoke, kafe, restoran dan lainnya agar sama-sama mematuhi kebijakan tersebut

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar