Cerita Pemudik Bisa Lolos dari Penyekatan di Kota Tegal

  Jumat, 07 Mei 2021   Lilisnawati
Seorang pemudik motor Diki Yuliansyah saat diperiksa oleh petugas kepolisian di Pos Penyekatan Terminal Kota Tegal, Kamis 6 Mei 2021. (Ayotegal.com/Lilisnawati)

MARAGADANA, AYOTEGAL.COM -- Seorang pemudik motor, Diki Yuliansyah (23), akhirnya bisa bernafas lega. Pasalnya, ia yang melakukan perjalanan dari Tangerang ini lolos dari penyekatan petugas kepolisian di Terminal Kota Tegal, Kamis 6 Mei 2021.

Ia diperbolehkan melanjutkan perjalanan ke kampung halamannya di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Bukan tanpa sebab, ia bisa lolos lantaran mempunyai alasan kuat, yakni karena istri hendak melahirkan.

Diki juga mempunyai surat-surat lengkap persyaratan perjalanan mudik, sehingga bisa lolos dari penyekatan polisi.

Menurutnya, Kota Tegal merupakan lokasi kelima ia disetop oleh petugas kepolisian.

"Ini lokasi kelima disetop. Tapi Alhamdulillah diizinkan jalan lagi karena saya bawa surat-surat lengkap, ada surat keterangan RT/RW, surat keterangan bebas Covid-19 dan surat hari perkiraan lahir (HPL) istri," katanya.

Diki juga membeberkan, alasan kenapa ia harus tetap pulang menemani istri lahiran. Sebab, baginya proses persalinan adalah pertaruhan hidup dan mati.

"Ya bagaimana pun saya harus ada, menemani istri bertaruh nyawa. Kebutulan ini juga anak pertama," ucapnya.

Ia mengaku sempat kebingungan saat akan melakukan perjalanan mudik lantaran sudah tidak ada lagi bus yang beroperasi. Terlebih syarat-syarat yang harus dipenuhi.

"Sempat bingung mau pulang pake apa, bus nggak ada. Syarat-syaratnya juga apa saja saya nggak tahu. Akhirnya ada petugas yang memberi arahan tentang persyaratan yang dibawa supaya bisa tetap mudik," bebernya.

Dirinya juga sempat mendapat kesulitan saat hendak minta surat izin perjalanan di kelurahan. Namun, akhirnya ia mendapag surat izin perjalanan dari RT dan RW setempat.

"Surat sudah saya dapat. Saya langsung ke rumah sakit untuk tes swab antigen, Alahamdulillah negatif. Dan siangnya saya langsung mudik," katanya.

Kasatlantas Polres Tegal Kota, AKP Nur'aini mengatakan, pemudik yang diloloskan karena memang punya alasan kuat untuk tetap mudik. Terlebih, semua persyaratan terpenuhi.

"Iya tadi ada pemudik yang kita loloskan. Motoran dari Tangerang mau ke Sukoharjo. Kita loloskan karena istri mau melahirkan dan suratnya lengkap," tuturnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar